Hal Harus Kalian Ingat Dari Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang

Hal Harus Kalian Ingat Dari Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang

Reviens.id, Ketapang - Luas Kabupaten Ketapang hampir setara dengan luas Provinsi Jawa Barat, terdapat 20 kecamatan dengan 9 kelurahan dan sekitar 253 Desa. Nah, kalian ini tim reviens mencoba menggali informasi di salah satu kecamatan di Kabupaten Ketapang.

 

Kecamatan Sungai Laur, berada tidak jauh dari Kecamatan Sandai dan terdiri dari 18 Desa. Secara demografis penduduk Sungai Laur didominasi oleh Suku Dayak dan Suku Melayu, beberapa Tionghoa dan Jawa

 

Kira-kira apanih yang teman-teman tahu soal Kecamatan Sungai Laur? Berikut hal-hal terkait Sungai Laur yang berhasil tim reviens himpun:

 

1. Aur Kuning
Beberapa sumber mengatakan bahwa sebelum nama Sungai Laur dijadikan sebagai nama kecamatan, daerah ini lebih dikenal dengan nama Aur Kuning atau dalam bahasa setempat Aur berarti bambu sedangkan Kuning adalah warna kuning atau bambu kuning.

Sedangkan Sungai Laur dapat berarti Sungai berarti sungai (aliran air) sedangkan Laur kata lain dari Aur atau bambu.

 

2. Bukit Kuri
Seperti halnya Bukit Kelam yang berada di Kabupaten Sintang, Bukit Kuri adalah sebuah bukti berbentuk bongkahan batu besar yang berada di Desa Sinar Kuri, Kecamatan Sungai Laur.

Kita juga bisa mendirikan tenda dan berkemah diatas bukit sambil melihat hamparan awan yang berarak dan pagi harinya kita bisa menikmatiatahari terbit.

 

3. Bukit Keruat
Seperti pada serial Doraemon, bukit Keruat berada tepat di belakang kantor Camat Sungai Laur. Destinasi wisata ini relatif bisa dijangkau lokasinya karena pintu masukknya tepat dipinggir jalan.

Sama juga dengan bukit kuri, bukit Keruat juga berbentuk batu besar yang terjal dengan tinggi kurang lebih 300-an MDPL