Rita Purnama berdayakan UMKM Purworejo Lewat Incubator Bisnis dan Luncurkan Buku Berkolaborasi Untuk Sukses

Rita Purnama berdayakan UMKM Purworejo Lewat Incubator Bisnis dan Luncurkan Buku Berkolaborasi Untuk Sukses

Reviens.id, Purworejo - Berawal dari peserta diklat Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Provinsi Jawa Tengah. Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama berinisiatif memberdayakan UMKM, melalui Inkubator bisnis Purworejo Mulyo. Launching dilaksanakan di gedung PLUT Kabupaten Purworejo, Rabu (18/10/2023).

Acara dihadiri oleh Bupati Purworejo Agus Bastian beserta jajarannya.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian penting dari ekonomi global dan berperan sebagai penyokong utama pertumbuhan ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. Perkembangan UMKM menjadi perhatian utama pemerintah dan organisasi ekonomi internasional. Berbagai upaya dilakukan untuk terus memberdayakan dan mengembangkan UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

 

 

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian saat menghadiri acara launching. Beliau juga mengucapkan selamat atas dilauncingnya Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo sekaligus pengukuhan Pengurus Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo dan peluncuran buku berjudul Berkolaborasi Untuk Sukses.

"Kita patut berbangga hati, inkubator bisnis ini inisiatif Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Saudari Rita Purnama. Ini pioneer karena baru ada di tingkat Provinsi Jawa Tengah, tetapi Purworejo mempunyai hari ini," ucapnya 

 

 

Inkubator bisnis merupakan Lembaga atau Program yang dibentuk untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM. Nantinya incubator bisnis akan memfasilitasi program pendampingan legalitas usaha, pelatihan, permodalan sampai pada pemasaran.

Rita Purnama mengatakan bahwa inovasi baru dapat terlaksana berkat kolaborasi dengan Dinas KUKMP. Salah satu tujuan dari program ini untuk mendukung dan membangun support sistem UMKM dapat mandiri dan naik kelas. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Purworejo dengan kebijakan, baik dari Pemerintah Pusat maupun dari Provinsi Jawa Tengah bahwa setiap Kab/Kota. Dalam hal ini semua diwajibkan mempunyai Inkubator Bisnis di Tahun 2024.

"Sebagai Staf Ahli Bupati saya membuat inovasi proyek perubahan sesuai tema diklat, yaitu Reformasi Birokrasi Berbasis Ramah investasi untuk pemberdayaan ekonomi rakyat. Alhamdulillah Kabupaten Purworejo sebagai pioneer dan mampu membentuk Lembaga inkubator bisnis Purworejo Mulyo beserta Pengurusnya dibawah binaan Dinkukmp pada tahun 2023," katanya

Untuk mendukung incubator bisnis Purworejo Mulyo Rita Purnama menyusun buku dengan judul Kolaborasi Untuk Sukses : menggagas Inkubator Bisnis UMKM Berdaya Saing. Buku ini diharapkan mampu menjadi pijakan untuk perubahan positif dalam dunia UMKM. 

 

 

Rita Purnama sebagai inisiator incubator bisnis Purworejo Mulyo dan penulis buku Berkolaborasi Untuk Sukses berharap pemerintah daerah akan terus mendukungnya demi ekonomi yang berdaya saing.

"Saya berharap pemda melalui Dinkukmp dapat terus mengembangkan inkubator bisnis. Tidak hanya 1 tapi dapat lebih, mengingat jumlah UMKM kita saat ini ada 54 ribu. Incubator ini kolaborasi antara Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM, dinkumkp, dan bank jateng." Pungkasnya