Mahasiswa Kelompok 05 KKN UMP 2024 Bantu Optimalkan Pelaku UMKM Desa Trirejo - Loano

Mahasiswa Kelompok 05 KKN UMP 2024 Bantu Optimalkan Pelaku UMKM Desa Trirejo - Loano

Reviens.id, Purworejo - Mahasiswa Kelompok 05 Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) 2024 berupaya mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Selasa (16/1). 

 

Mereka melakukan pendampingan sebagai dukungan nyata  dengan mensosialisasikan soal perizinan usaha bagi para pelaku UMKM. Selain itu juga  mendorong yang belum memiliki legalitas usaha agar mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB).


“Izin usaha menjadi salah satu persyaratan penting untuk tumbuh kembang UMKM, mulai dari soal strategi marketing, trade mark, dan nama usahanya itu sendiri!” kata Suta, Humas Mahasiswa Kelompok 05 UMP kepada Reviens.id.


Suatu unit usaha produktif bisa dikatakan baik, jika sudah memenuhi salah satu syarat legalitas diantaranya memiliki izin usaha.  
Berkaitan dengan hal itu, Mahasiswa KKN Kelompok 05 Desa Trirejo Kec. Loano UMP melakukan pendampingan nyata terhadap pelaku UMKM dalam legalitas usaha dalam bentuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

 

NIB merupakan tanda pengenal bagi pelaku usaha baik perseorangan maupun non perseorangan. Dengan memiliki izin berusaha maka UMKM sudah memiliki perlindungan hukum layak berdiri dan beroperasi.


Kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Margi Mulyo Desa Trirejo. Menurut Sri Pujiastuti, Ketua KWT Margi Mulyo menginginkan para pelaku UMKM di desanya untuk didukung dalam proses legalitas usaha.
 
Produk UMKM dari KWT Margi Mulyo yang telah berjalan yaitu produksi aneka kripik punya potensi menambah pendapatan dan kesejahteraan.

 

"Tetapi disini banyak pelaku usaha yang belum memiliki izin berusaha, untuk itu saya minta didampingi dalam hal perizinan usaha terutama pembuatan NIB.” tambah Sri Pujiastuti.

 

Dalam menindaklanjuti hal tersebut, Mahasiswa KKN Kelompok 05 UMP 2024 diminta untuk mensosialisasikan dan melakukan pendampingan pendaftaran NIB untuk kegiatan usahanya. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs web Online Single Submission (OSS).

 

Mahasiswa membantu pelaku UMKM menuliskan data-data yang diperlukan untuk mendaftarkan usahanya di OSS secara lengkap, dan NIB secara otomatis terdaftar. 
 

 

Pelaku UMKM yang telah didaftarkan NIB untuk kegiatan usahanya diminta untuk menyebarluaskan pentingnya keberadaan NIB ini kepada pelaku UMKM lainnya.

 

Pelaku UMKM lain yang belum mendaftarkan NIB juga dapat meminta bantuan kepada Mahasiswa KKN Kelompok 05 UMP 2024 untuk mendaftarkan legalitas usahanya.
Pelaksanaan program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM dan memastikan legalitas usaha mereka.

 

Selain itu dengan didaftarkannya NIB bagi beberapa pelaku UMKM dapat menjadi contoh bagi pelaku UMKM lainnya agar bersedia untuk didaftarkan.(red)