Kunker Ke Purworejo, Wamentan Serahkan Bantuan Alsintan

Kunker Ke Purworejo, Wamentan Serahkan Bantuan Alsintan

Reviens.id, Purworejo - Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi menyerahkan sejumlah bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk kelompok tani di Kabupaten Purworejo. Bantuan alsintan diserahkan secara simbolis kepada Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, Kamis sore (17/12/2023). 

Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, bantuan tersebut sangat penting untuk mempercepat peningkatan produksi dan produktivitas pertanian usai terjadi perlambatan akibat cuaca ekstrem El Nino.

"Kita lakukan percepatan, seperti di Purworejo ini kita lakukan pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan) agar dapat segera diterima masyakarat sehingga produksi dapat meningkat," katanya. 

Ia menambahkan perlambatan produksi pangan akibat cuaca ekstrem El Nino perlu disikapi secara cepat dan tepat. Sebab, hal tersebut menyangkut ketersediaan pangan masyarakat Indonesia. 

Oleh karena itu, Wamentan berharap agar program-program bantuan dari Kementerian Pertanian dapat dioptimalkan oleh masyarakat demi mengakselerasi produksi pangan nasional.

"Bagaimana kita mengakselerasi pangan kita agar jangan surut ya, jangan sampai berkurang ketersediaannya. Jadi pelambatan-pelambatan yang terjadi akibat El Nino kemarin, jangan sampai mengganggu pasokan pangan nasional," tandas Wamentan. 

Sementara Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengungkapkan, Kabupaten Purworejo merupakan salah satu lumbung pangan di Provinsi Jawa Tengah Bagian Selatan. Karena itu, harus selalu mempertahankan dan meningkatkan produksi dan produktivitas pangan. 

Dikatakan, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Purworejo Berdaya Saing 2025, salah satu prioritasnya meningkatkan daya saing disektor pertanian.

"Kami telah melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah penyediaan serta pengembangan alat dan mesin pertanian. Pemerintah Kabupaten Purworejo juga mendapatkan alokasi bantuan alat dan mesin pertanian pra panen program Kementrian Pertanian Republik Indonesia," katanya. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Yuli Hastuti meminta dukungan kepada kementerian pertanian agar produksi pertanian di Kabupaten Purworejo terus meningkat. Ia juga berpesan bagi para petani yang mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian bisa dimanfaatkan dan dipelihara bersama oleh para petani untuk mewujudkan petani sejahtera.