3 Goa yang Wajib Kamu Kunjungi di Kebumen

3 Goa yang Wajib Kamu Kunjungi di Kebumen

Patung-patung yang berada dalam Goa. Foto: Google Maps/Ika Yuni Anggrahini

 

Berbicara mengenai destinasi wisata di Indonesia memang tidak habisnya. Banyak banget tempat-tempat indah di Indonesia ini, tidak terkecuali dengan destinasi yang ada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Nah Gengs, buat kamu yang sedang berkunjung atau sedang merencakan berwisata ke Kebumen alangkah baiknya kamu coba untuk berkunjung ke beberapa goa ini:


1.Goa Petruk

Sumber: pariwisatakebumen.com


Goa nan indah ini terletak di dukuh Mandayana, desa Candirenggo, kecamatan Ayah. Jaraknya sekitar 4,5 km dari Jatijajar ke arah selatan.

Goa petruk sendiri terdiri menjadi tiga bagian, pertama merupakan lantai satu yang hanya ada kelelawar yang berterbangan. Bagian kedua bernama Goa Semar, dan ketiga inilah yang bernama Goa Petruk, Gengs. Kenapa dinamakan Goa Petruk? Karena di dalamnya ada batu yang berbentuk hidung petruk, Gengs.

Di Goa Petruk sendiri juga ada berbagai jenis batu-batuan dengan berbagai macam bentuk seperti batu payudara, batu pelangi, dan lain sebagainya.

Nah Gengs, lokasi ini cocok buat kamu yang suka memacu adrenalin, pasalnya di sini banyak sekali stalaktit, dan minimnya penerangan sehingga menambah kesan mistis saat menyusuri Goa. Tapi jangan kawatir Gengs, di sana ada tour guide yang siap mendampungimu.

 


2. Goa Jatijajar

Foto: pegipegi.com

 

Goa Jatijajar ini berada di desa Jatijajar, kecamatan Ayah. Untuk ke lokasi ini kamu akan menghabiskan jarak tempuh sekitar 24 kilometer dari arah Gombong ke selatan. Goa Jatijajar ini memiliki luas sekitar 5,5 hektar, sedangkan tinggai Goa mencapai 24 meter, dan lorong Goanya sendiri 250 meter. 

Fasilitas di destinasi wisata satu ini sudah tergolong komplit Gengs, diantaranya parkir, toilet, taman bermain, kios makanan, kios buah-buahan dan toko cinderamata.


Saat tiba di lokasi ini, kamu akan disuguhkan dengan patung dinosaurus, di sepanjang lorong goa terdapat 32 buah patung yang menceritakan legenda Raden Kamandaka. Di dalam goa juga terapat sendang, diantaranya sendnag kantil, sendang mawar, sedang pusarbumi, dan sendang jombor.

 


3. Goa Barat

Sumber: iqbalkautsar.com


Goa barat merupakan sebuah goa yang memiliki 100 air terjun di dalamnya, Gengs. Walau memang jumlahnya belum tentu ada 100, gengs. Heheh, karena saking banyaknya itulah makanya disebut 100. Berbagai macam air terjun ini memiliki ketinggia  0,5-10 meter yang menjadi jalur air dari mata air di kedalaman karst hingga keluar menjadi sungai di permukaan.

 

Sumber: Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen