Cara Membuat Telur Ceplok Sempurna Ala Om Dewo

Cara Membuat Telur Ceplok Sempurna Ala Om Dewo

Belakangan aku suka makan sama telur ceplok setengah mateng yang kuningnya masih agak cair gitu,,heheh. Agak amis sih atapi menurutku enak, tinggal ditambah sama lada saja supaya amisnya berkurang...eh tapi bentuknya ancur gak indah yang dibayangain,,selalu gagal kalau bikin telur ceplok setengah mateng yang kuningnya masih bagus.

 

Jadi sebenernya bagaimana sih cara bikin telur ceplok yang sempurna itu, alhasil aku inget punya temen grup whtasapp yang jago masak, Om Dewo Namanya. Yuadah aku tanya beliau dan ahirnya dikasih trik-triknya..Dan inilah cara bikin telur ceplok ala om Dewo. Cekidot...

 

1. Kalau Mau Bulet Sempurna Bentuknya Pakau Teknik Rebus

 

Masak air agak banyak, trus klo udah mendidih masukin telur di gayung sup yang bulet, terus masak bagian bawah dari buletan itu ke air. Taruh aja di air bagian bawahnya jangan sampai kena telur yang di dalam cekungannya. Setelah mulai agak matang baru masukin ke air sedikit aja tunggu sampe kematangan yang diinginkan

 

 

2. Telur Celpok Kuning Di Tengah

 

Pisahkan kuning dan putih telur. Siapkan sauted pan (atau telfon biasa juga bisa). Kasih minyak cuman bukan di tuang ya minyaknya, basahin minyak pake tisu dan sapukan di teflon tersebut.

Idupkan api dan taruh putih telurnya. Tunggu sampe putih telur setengah matang, lalu masukkan kuning telur tepat di tengah putih telur tadi. Setelah agak matang cipratin air kurang lebih 5ml (dicipratin yak di sekitar telurnya) lalu tutup teflonnya

Tunggu kurang lebih 30 detik sampe 1 menit. Jadi dehhhh. Apinya kecil banget yaa. Jangan terlalu panas pan nya.

Nah Gengs itulah cara bikin telor cepok ala om Dewo, selamat mencoba...