ASPEKSINDO lakukan Audiensi ke Ketua DPD-RI tentang Pengesahan RUU Kepulauan dan Pesisir Indonesia

ASPEKSINDO lakukan Audiensi ke Ketua DPD-RI tentang Pengesahan RUU Kepulauan dan Pesisir Indonesia

Reviens.id, Jakarta - ASPEKSINDO bersama dengan peserta Duta Maritim Indonesia melakukan audiensi dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Bapak Ir. H. AA Lanyalla Mahmud Mattalitti pada hari Jumat, 12 Agustus 2022. Kegiatan Ngobrol Pintar (Ngopi) namanya dalam tema Konstitusi Maritim. 

Dalam kegiatan audiensi dipilih 6 perwakilan dari 44 finalis untuk dapat bertemu langsung dan Ngopi (Ngobrol Pintar) bersama Bapak Ir. H. AA Lanyalla Mahmud Mattalittihal, hal itu dikarenakan masih maraknya angka covid-19 di Jakarta dan tidak memungkinkan untuk seluruh finalis masuk kedalam ruangan.

 

Delegasi yang terpilih akan menyampaikan argumen mereka dan mendapatkan kejelasan atas RUU ini. Sedangkan 38 finalis Duta Maritim Indonesia lainnya berada di gedung DPD-RI diruang tunggu dan memanfaatkan momentum itu untuk turut andil dengan cara saling berdiskusi dan bertukar pendapat tentang pengesahan RUU Kepulauan dan Pesisir Indonesia ini. 

 

Didalam ruangan bapak Ketua DPD-RI saat Ngopi diawali dengan kata pembuka dari bapak Andi Fajar Asti sebagai Direktur Eksekutif ASPEKSINDO, dan setelah beliau membuka ruang diskusi ini barulah dilanjutkan dengan argumen dari 6 perwakilan dari Finalis Duta Maritim Indonesia, dimana argumen ke 6 perwakilan ini ditampung dan mereka membawa argumen untuk mempertegas lagi bahwa RUU Kepulauan dan Pesisir Indonesia ini sangatlah perlu untuk disahkan.

 

Argumen ini disampaikan dari isu yang diangkat dari daerahnya masing-masing, tetapi kemudian audiensi ini masih tetap belum mendapatkan kejelasan.

 

Mengutip pembicaraan dari Direktur Eksekutif ASPEKSINDO yaitu bapak Andi Fajar Asti yaitu "Jadi sebenarnya audiensi yang telah dilakukan bersama bapak Ketua DPD-RI ini sangat strategis untuk memastikan sejauh mana RUU daerah kepulauan itu berada, karena kita tidak mengetahui posisinya itu sekarang. Kalau menurut DPD polanya ini sudah berada di DPR dan di DPR ini sudah dalam proses pembahasan, jadi intinya kita disini untuk mendapatkan kepastian itu posisinya dimana".

 

Bapak Ketua DPD-RI telah menyampaikan jawabannya bahwa DPD telah berupaya penuh dalam mendukung ASPEKSINDO dalam audiensi ini, karena ASPEKSINDO semenjak dari lahir telah memberikan sesuatu kontribusi kepada DPD dan mereka menerima serta mendukung tetapi dalam hal ini mereka memiliki kewajiban untuk melanjutkan ke DPR nah pada saat di DPR ini sulit untuk dapat menembusnya kedalam pengesahan, dan Ketua DPD menguatkan bahwa jika hanya menyuarakan ini kepada DPD saja maka akan sia-sia, lebih baik langsung ke DPR tetapi itu tadi backline dari DPR ini hanya ingin menikmati dan menutup telinga untuk ini, tetapi Ketua DPD selalu akan melakukan upaya terbaiknya dalam mendukung hal ini untuk dapat mendapatkan kepastian.