Wajib Tahu! Bupati Kebumen Bakal Tetapkan Standarisasi Uang Sumbangan Sekolah

Wajib Tahu! Bupati Kebumen Bakal Tetapkan Standarisasi Uang Sumbangan Sekolah

Ilustrasi pembelajaran di sekolah. /Instagram @sditibnuabbaskebumen

 

Reviens.id, Kebumen - Setelah sempat menjadi pro kontra dalam masyarakat terkait sumbangan sekolah di Kebumen, akhirnya pihak Pemkab Kebumen berencana menetapkan standarisasi.

Tentu saja standar sumbangan sekolah ini bertujuan memperjelas hak dan kewajiban sekolah dan wali siswa dalam proses pendidikan di Kebumen.

Sebenarnya, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menegaskan jika pihaknya tidak menolerir sekolah negeri. Bahwasanya tidak boleh ada pungutan terhadap siswa.

Lebih jelas lagi, Bupati Arif Sugiyanto menegaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2012, bahwa sekolah negeri sudah mendapat dana BOS dari pemerintah. 

"Untuk itu sekolah dilarang melakukan pungutan terhadap siswanya," terang Arif Sugiyanto sebagaimana dikutip dari Facebook resmi Pemkab Kebumen.

Dalam pertemuan resmi Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Kabupaten Kebumen, Arif Sugiyanto menegaskan pihaknya akan membuat standarisasi sumbangan sekolah.

Arif Sugiyanto menjelaskan jika pihaknya akan segera membuat surat edaran yang bertujuan untuk menentukan standarisasi sumbangan sekolah.

Hal itu diungkapkan dalam pertemuan bersama Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se Kabupaten Kebumen, Selasa 20 September 2022 di Hotel Candisari Kecanmatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen.

Nantinya surat edaran tersebut akan mengikat sekolah yang ada di Kebumen untuk taat dan patuh supaya tidak terjadi pro kontra di masyarakat.

"Surat edaran yang mengatur ketentuan sumbangan yang boleh digalang komite sekolah," tandas Arif Sugiyanto.

Untuk tambahan informasi, sekolah dan wali siswa segera mempersiapkan diri dengan surat edaran yang bakal dikeluarkan oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi kesalahan dan disinformasi antara sekolah sebagai penyelanggara pendidikan, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kebumen.

***