Srandul, Kesenian Hiburan Rakyat Khas Kendal

Srandul, Kesenian Hiburan Rakyat Khas Kendal

Photo: manunggalingbahurekso.blogspot.com

 

Gengs, Indonesia memang dikenal dengan begitu banyaknya kesenian daerah, namun kamu tau gak sih Gengs kalau dari segitu banyaknya kesenian daerah juga sudah banyak yang  mati? Banyak hal yang menyebabkan kepunahan sebuah kesenian daerah, mulai dari kekurangan dana, nggak ada lokasi untuk latihan dan pentas serta mandeknya regenerasi pemainnya.

Salah satu kesenian hiburan rakyat yang di ambang kepunahan adalah Srandul Kendal, Gengs. Srandul sendiri termasuk jenis drama tari yang menampilkan kisah tentang kehidupan sehari-hari seperti pertanian, kemakmuran, bencana dan lainnya. Dulu, kesenian ini eksis karena selalu diwariskan turun-temurun.

Nah, kabar gembiranya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mulai melirik dan bertekad melestarikan kesenian Srandul. Terbukti, pada 14 April 2018 lalu kesenian ini dipentaskan di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Menurut penjelasan sutradara “Misteri Kyai Kendil Wesi” Sony Wisnu Murty, Srandul merupakan kependekan dari kata sarananing njedul yang berarti sarana yang digunakan agar sesuatu yang dikehendaki muncul dan diketahui banyak orang.

Dahulu, Srandul merupakan jenis pertunjukkan yang digelar dalam berbagai kesempatan upacara tradisi. Srandul biasanya mudah dijumpai di Kendal daerah atas seperti Kecamatan Limbangan dan Singorojo. Namun, kini pertunjukan itu sudah jarang banget dimainkan karena para pemainnya sudah bertambah tua dan kalah dengan kesenian modern gengs.

Sumber: inibaru.id