SiAP MeN Aplikasi Memudahkan Sistem Pengadaan Resmi dilaunching oleh RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo

SiAP MeN Aplikasi Memudahkan Sistem Pengadaan Resmi dilaunching oleh RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo

Reviens.id, Purworejo - Aplikasi SiAP MeN merupakan Sistem Akuntabilitas Penunjang Medis dan Non Medis yang diinisiasi oleh Kepala Bidang Penunjang RSUD R.A.A Tjokronegoro, dr. Azkiyatun, sebagai sebuah aksi perubahan dengan tujuan dapat memonitor pelaksanaan pengadaan di rumah sakit secara real-time.  Pada tahap awal akan diaplikasikan dalam sistem pengadaan obat dan bahan medis habis pakai.

 

Karena hal itu, RSUD R.A.A. Tjokronegoro Purworejo melaunching aplikasi untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas yang berjudul “SiAP Men” Selasa (19/09/2023) di Aula 2.

 

 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr. Sudarmi Direktur dr. Dony Prihartanto, jajaran struktural dan sebanyak 30 perwakilan perusahaan yang telah bekerjasama dengan RSUD R.A.A. Tjokronegoro.

Launching Aplikasi SiAP MeN dilakukan oleh Kadinkes Kab. Purworejo didampingi oleh Direktur RSUD R.A.A Tjokronegoro beserta Kabid Penunjang dengan ditandai menyetuh layar secara bersamaan.

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama RSUD R.A.A. Tjokronegoro dengan perusahaan yang berafiliasi sebagai bentuk komitmen dan acuan dalam proses pengadaan di rumah sakit guna mendapatkan kepastian mutu, harga, ketersediaan, pengiriman, dan administrasi. 

Direktur, dr. Dony Prihartanto, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terciptanya aplikasi SiAP MeN ia berharap aplikasi tersebut dapat dikembangkan lagi.

“Aplikasi ini insyaallah dapat menjadi jawaban atas permasalahan yang sudah pernah kami alami dalam hal pengadaan. Adanya launching ini dengan mengundang bapak/ibu perwakilan perusahaan bertujuan untuk dapat menyakinkan bahwasanya kami terus berbenah diri dengan berkaca pada pengalaman-pengalaman sebelumnya. Harapannya di seluruh pengadaan nantinya bisa dimonitor menggunakan aplikasi ini (SiAP MeN)”, ucapnya.

 

 

Sedangkan Kadinkes Kab. Purworejo, dr Sudarmi, menanggapi positif dan mendukung aplikasi dapat mempermudah dan meningkatkan kinerja secara personal maupun secara keseluruhan di RSUD R.A.A Tjokronegoro 

“Saya berharap dengan adanya aplikasi baru ini dapat membantu rumah sakit, utamanya untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan bagi masyarakat”, pungkasnya.

Sementara itu dr. Azkiyatun, pengembang dan pencetus aplikasi SiAP MeN​​​​​​ memaparkan bahwa dibuatnya aplikasi bertujuan untuk dapat memonitor secara langsung semua kegiatan proses pengadaan barang.

 

 

 

"Kami punya harapan, dengan adanya aplikasi ini kita semua dapat memonitor pembelian dan ketersediaan obat-obatan serta bahan medis habis pakai secara real-time. Lebih pentingnya kita dapat membelanjakan sesuai dengan pagu dan kesesuaian anggaran yang ada," pungkasnya

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap aplikasi SiAP MeN dilakukan penandatangan komitmen bagi semua tamu undangan dan foto bersama. Acara diakhiri dengan evaluasi bersama pengadaan rumah sakit yang dipandu oleh Ka. Instalasi Farmasi, Wasilin.