Suka Ngopi? Berikut Rekomendasi Kedai Slow Bar di Yogyakarta

Suka Ngopi? Berikut Rekomendasi Kedai Slow Bar di Yogyakarta

Reviens.id, Yogyakarta - Beberapa sumber mengatakan kalau pergerakan dunia perkopian menginjak pada gelombang ketiga yang dimulai kisaran tahun 1990 an, dimana konsumen atau kita sebut saja coffee addict tidak hanya ngopi untuk memenuhi kebutuhan cafein saja melainkan ingin mengetahui lebih mendalam tentang secangkir kopi yang mereka nikmati.

 

Bahwasanya secangkir kopi yang kita seruput ternyata memiliki culture experience yang bisa kita selami. Mengenai proses tanamnya, origin, proses pasca panen, level roasting, hingga teknik menyeduh yang digunakan.

 

Nah, tim reviens pengen membagi sesuatu hal yang menarik untuk temen-temen yang suka ngopi yang kebetulan juga sedang berlibur di Yogyakarta untuk sekedar mampir dan berbagi cerita cinta, berikut rekomendasi kedai slowbar yang bisa temen-temen coba.

 

1. Klinik Kopi

 

Digawangi oleh mas Pepeng kedai ini menurut kami sangat unik, seperti halnya klinik kesahatn dimana kita bisa konsultasi dengan dokter perihal penyakit kita, untuk klinik kopi sendiri kita bisa konsultasi kopi, suka kopi dengan karakter seperti apa dan bagaimana prosesnya. Beralamat di jalan Kaliurang KM 7, Ngabean klinik kopi siap mendiagnosa kebutuhan ngopi Anda.

 

Lokasi:

Klinik Kopi, Jl. Kaliurang No.KM. 7, RW.8, Ngabean Kulon, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman

 

2. Darat Coffee

Sumber foto: Google Map

 

Kala itu selepas lebaran 1443H kami sempatkan singgah ke Maguwoharjo, yaitu salah satu lokasi dari Darat Coffee selain di Kraton. Mirip dengan klinik kopi, Darat Coffee menawarkan sejumlah menu seduhan kopi hasil roastingan sendiri.

Menjelaskan latar belakang biji kopi yang dipilih untuk seduhan, menceritakan pengalaman mereka saat mencari biji kopi yang berkualitas serta edukasi kopi bagi para customer nya.

 

Lokasi pertama:

Darat Coffee Lab, Jl. Nangka V No.7A, Sanggrahan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

 

Lokasi kedua:

Darat Coffee - Keraton, Jl. Nogosari No.8, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

 

3. Tadasih

Sumber foto: google map

 

Sebenernya tim reviens belum pernah singgah ke kedai Tadasih namun seiring pemantauan kami, Tadasih dahulu beralamat di Pasar Baru Jakarta dan sekarang Tadasih beralamat di Kraton Yogyakarta.

Tidak banyak seduhan kopi yang disajikan oleh Tadasih namun konsistensi rasa dan eksplorasi memberikan ekspektasi yang benar-benar konkret bagi para customernya.

 

Lokasi:

Tadasih, Jl. Langenarjan Kidul No.29, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta

 

So, guys bagi para pecinta kopi yang belum pernah sama sekali ke Yogyakarta silahkan mampir ketiga rekomendasi kedai kopi diatas. 

 

Penulis: Budi Cesar