Serat itu Penting Bagi Tubuh, Ini Cara Agar Serat dalam Tubuhmu Tercukupi

Serat itu Penting Bagi Tubuh, Ini Cara Agar Serat dalam Tubuhmu Tercukupi

Illustrasi: Thinkstock

 

Pernah gak sih gengs kamu merasa kurang serat yang ditandai dengan sembelit dengan feses yang keras? Nah gengs, pada dasarnya tubuh seseorang membutuhkan serat makanan agar tetap sehat. Kurang serat juga dapat menimbulkan berbagai resiko kesehatan, seperti sembelit.

 

Fenomena kurangnya serat pada tubuh ini, ternyata masih banyak dirasakan loh sama masyarat Indonesia, gengs. “Banyak banget klient aku yang kekurangan serat, dan tidak semua orang tau seberapa penting serat. Serat sendiri juga bukan hanya untuk pencernaan tapi juga untuk menjaga gula darah”, ungkap Ledyan BSc (Hons) MSc (Anutr) - Ahli Gizi

 

Nah gengs agar kamu dapat mencukupi serat dalam tubuh, Ledyan memberikan beberapa tips yang dapat kamu coba:

 

1. Memperbanyak konsumsi Sayur-sayuran

 

Nah gengs kalau kamu suka sayur-sayuran, kamu dapat memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran agar kebutuhan seratmu terpenuhi. Semua sayuran, tidak terkecuali dapat kamu konsumsi gengs, sesuai sayur kesukaanmu agar makan sayuranya tidak malas-malasan.

 

2. Memperbanyak konsumsi buah-buahan

 

Buat kamu yang tidak suka sayuran, dan sukanya buah-buahan, kamu dapat menambah konsumsi buah-buahan agar serat dalam tubuhmu terpenuhi. Seperti halnya sayuran, buah-buhan apa saja juga bisa untuk menambah serat.

 

3. Buat yang tidak suka buah dan sayuran, kamu bisa konsumsi gandum

 

Sayur tidak suka, buah tidak suka. Terus harus konsumsi apa agar kebutuhan serat terpenuhi? Yaps, kamu dapat konsumsi gandum gengs. Banyakan gengs olahan makanan yang berbahan dasar gandum, nah kamu dapat konsumsi salah satunya itu gengs.

 

4. Suplemen serat

 

Terakhir jika kamu tidak suka ketiga point di atas, ya kamu dapat konsumsi suplemen serat gengs.

Itudia gengs, makanan yang dapat kamu konsumsi guna memenuhi kebutuhan serat dalam tubuhmu. Sebenarnya mudah dan terjangkau kan gengs untuk menambah serat?