Sepertinya, Kamu Dan Pasanganmu Sedang Mengalami Abusive Relationship. Awas Hidupmu Akan Hancur Sehancur-hancurnya

Sepertinya, Kamu Dan Pasanganmu Sedang Mengalami Abusive Relationship. Awas Hidupmu Akan Hancur Sehancur-hancurnya

Illustrasi: Pixabay/MicrovOne

 

Dalam hidup di dunia ini kita tidak bisa hidup sendiri, kita memerlukan orang lain untuk saling berkontribusi. Apalagi sebagai manusia normal perlunya untuk berkeluarga dengan tujuan melanjutkan keturunan. Nyatanya dalam membina hubungan tidaklah mudah seperti halnya membalikkan tangan, tetapi begitu sangat kompleks dan rumitnya.

 

Pada lingkarannya kita pasti ketemu dengan berbagai hal yang menjadikan hubungan itu terkadang sangat toxic. Kasus perceraian Amberd Heard dan Jhony Depp merupakan salah satu dari contohnya. Banyak orang terlambat menyadarinya, bahwa mereka sedang terjebak pada hubungan toxic itu. Salah satu hubungan itu bernama Abusive relationship.

 

Abusive relationship atau hubungan abusive merupakan pola atau sebuah perilaku kompleks dengan kekerasan dalam suatu hubungan, yang digunakan dengan tujuan membentuk kuasa dan kendali penuh terhadap pasangannya atau mantan pasangannya.

 

Wujud Perlakuannya tersebut bisa berupa ancaman, isolasi, dan intimidasi secara emosional, finansial, seksual, dan fisik atau hal yang lebih berbahaya lainnya.

 

Biasanya, pada kasus nyatanya tingkat kekerasan itu bisa meningkat dari waktu ke waktu. Parahnya anda tidak sadar berada pada situasi itu, dan anda mungkin saat ini sedang mengalami ancaman atau kekerasan secara verbal dan emosional pada awalnya.

 

Tetapi pada tahap lebih serius seiring waktu, ancaman ini bisa berubah menjadi kekerasan fisik yang dapat menimbulkan bahaya nyawa anda.

 

Kebanyakan dari orang yang terlibat dalam hubungan abusive, baik itu korban maupun pelaku, tidak menyadari seberapa besar dampak kerusakan yang mungkin dapat ditimbulkan.

 

Pada kenyataanya, efek dari kekerasan ini dapat mempengaruhi kualitas kehidupan dan karakter Anda. Lebih dari itu, kekerasan secara emosional saja bisa menimbulkan gangguan mental pada korbannya, seperti gangguan kecemasan, ketakutan atau depresi.

 

Contoh perilaku Abusive relationship 

Yan perlu anda tau dan pelajari, dalam kehidupan hubungan anda, apakah ada salah satunya? Atau semuanya?

 

1. Perlakuan kasar dengan tangan, seperti ditampar, didorong, diguncang, dipukul, ditendang, dan ditinju. Ini bisa terjadi pada cewek atau cowok, atau keduanya. 

 

2. Pasangan berusaha mencoba untuk mengendalikan berbagai aspek dalam kehidupan anda, seperti cara anda berpakaian, dengan siapa saja anda boleh berteman, dan mengatur apa yang anda harus katakan. Bisa dibilang seperti halnya perilaku protect tetapi sangat berlebihan.

 

3. Diperlakukan dengan tidak layak, seperti pasangan anda bilang mencintai anda tetapi selalu saja meremehkan anda. Salah satu paling sering adalah pasangan yang membandingkan cara hidup anda dan kekuatan ekonomi anda dengan orang lain.

 

4. Ancaman pasangan untuk menyakiti anda atau dirinya sendiri jika anda meninggalkan hubungan. Biasanya karena saking cintanya, atau mengasihi pada tingkat tertinggi tetapi tidak dibarengi perasaan sadar bahwa ia manusia juga mempunyai kesempatan untuk tidak menjalin hubungan lagi dengannya karena sudah tidak ada kecocokan. Lebih tepatnya memaksakan rasa cintanya, sehingga berada pada tempat yang tidak tepat.

 

5. Memutarbalikan fakta untuk membuat anda merasa bersalah atas tindakan dirinya sendiri. Membuat scenario sedemikian rupa, dengan tujuan pasangannya dibuat untuk mencintai atau menuruti segala kemauannya dengan menggunakan investasi pemutar balikan fakta.

 

6. Selalu menuntut ingin tahu di mana anda berada sepanjang waktu. Sebenarnya hal ini baik, tetapi sangat tidak baik dalam sebuah hubungan selalu diawasi dalam 24 jam. Pada kenyataanya hidupnya bukan untuk dirimu saja.

 

7. Cemburu dan marah ketika anda ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman. Biasanya para perilaku Abusive akan menggunakan banyak cara ketika anda akan menghabiskan waktu bersama kolega atau keluarga, misalnya mengajak makan, bertemu, nonton film dll. Dan itu tidak ada jadwal sebelumnya, tujuannya supaya anda tidak jadi untuk mengurus keperluan anda.

 

Dampak dari Abusive relationship ini benar-benar sangat besar, mungkin saat ini anda masih sanggup untuk menjalani hal diatas semua. Tetapi percayalah, tubuh fisik dan psikologis anda akan berat dan menghabiskan banyak energi.

 

Apabila saat ini sedang mengalami hubungan seperti ini sebaiknya perlu untuk dibicarakan bersama pasangan, menyusun ulang semuanya, memperbaiki kekurangan masingmasing.

 

Tetapi pada tahap selanjutnya apabila tidak ada gerak lanjutan dari hubungan ini, dan memungkinkan untuk ke situasi yang lebih parah, sebaiknya anda keluar dari sana. Memang mengakhiri hubungan ketika masih sayang-sayangnya bukan perkara yang mudah.

 

Tetapi menyelamatkan hidupmu merupakan hal yang lebih penting dari perasaan cinta dan sayang. Dirimu perlu disayangi seutuhnya sebelum kamu mendapatkannya dari orang lain.