Seleksi Calon Tamtama Polri, Peserta Dihimbau Jangan Percaya Janji Manis Oknum

Seleksi Calon Tamtama Polri, Peserta Dihimbau Jangan Percaya Janji Manis Oknum

Reviens.id, Kebumen - Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin berpesan kepada para peserta seleksi calon Tamtama Polri gelombang 1, tahun anggaran 2023, agar tidak mudah percaya dengan oknum yang menjanjikan dapat meloloskan saat proses seleksi. 

Hal ini diungkapkan Kapolres saat pengambilan sumpah serta penandatanganan Pakta Integritas yang saat itu dihadiri Disdikpora Kebumen, Disdukcapil, Kemenag, serta pengawas internal, perwakilan orangtua peserta, serta perwakilan peserta seleksi, Kamis 22 September 2022.

"Percaya pada kemampuan diri sendiri serta lebih giat berlatih," kata AKBP Burhaanuddin. 

Sumpah Pakta Integritas dibacakan oleh AKBP Burhanuddin yang diikuti oleh seluruh Panitia, orang tua atau wali dan peserta seleksi penerimaan Polri.

Ada beberapa point komitmen lPakta Integritas bagi para panitia penyelenggara, diantaranya untuk menjaga integritas diri dan tanggungjawab serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pada point berikut, siap bekerja secara profesional dan penuh semangat serta menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, lalu diikuti tidak akan menyalahgunakan wewenang dan jabatan untuk kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan.

Selanjutnya bersedia menjaga martabat dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela dan sanggup melaksanakan seleksi secara jujur, obyektif, bersih, transparan, akuntabel, unggul dan kompetitif serta bebas dari KKN.

Para peserta seleksi juga diambil sumpah Pakta Integritas. Ada beberapa point penting pada sumpah itu diantaranya sanggup mengikuti proses seleksi Penerimaan Tamtama Polri dengan mengutamakan kejujuran sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sendiri secara objektif, bersih, transparan, akuntabel, unggul dan kompetitif.

Pada point berikut, tidak akan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme dengan panitia maupun pengawas atau siapapun yang menyatakan bisa membantu meluluskan dalam proses seleksi, dan bersedia melaporkan kepada panitia jika melihat ada penyimpangan saat proses seleksi. 

Jika peserta seleksi melakukan penyimpangan atau pelanggaran, bersedia dikenakan sanksi dan dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam tahapan seleksi.

Diketahui bersama, saat ini Polri telah membuka seleksi penerimaan untuk Tamtama Polri tahun anggaran 2023.

Saat ini telah memasuki tahapan pemeriksaan administrasi awal di tingkat Polres. Jika dinyatakan lolos para peserta akan mengikuti sejumlah rangkaian test di Polda Jateng. 

***