Sedang Hijrah? Yuk Intip 5 Tips Ini Agar Hijrahmu Istiqomah

Sedang Hijrah? Yuk Intip 5 Tips Ini Agar Hijrahmu Istiqomah

Sebuah Agama atau keyakinan yang dimiliki semua orang di dunia pasti mengajarkan sesuatu yang baik dan berguna bagi diri orang itu sendiri ataupun masyarakat di sekitarnya. Memang banyak yang mengikuti tetapi tidak sedikit juga yang tidak mengikuti atau memang belum mengikuti. Seperti saat ini, di mana orang-orang berlomba untuk melakukan, menerapkan bahkan mengajarkan kembali sesuatu yang baik.

Hijrah adalah sebuah kata yang selalu diucapkan bila seseorang melihat orang lain yang dulunya tidak baik, sekarang berubah menjadi orang yang lebih baik. Baik dan tidak baik di sini bisa dikatakan seperti gaya berpakaiannya, kalimat ataupun perkataan yang diucapkannya, kegiatan yang diikutinya dan sebagainya. Kata hijrah memiliki arti berpindah.

Ya, bisa diartikan berpindah tempat tinggal atau berpindah mengenai rohaniah. Membahasa hijrah dalam arti rohaniah, sebenarnya sangat sulit untuk selalu diterapkan dalam diri sendiri, karena sesuatu yang ingin terlihat lebih baik pasti diiringi dengan ujian-ujian yang bisa menggoyahkan (tidak Istiqomah).
 

Lalu, bagaimana sih agar Hijrah tidak goyah (tetap Istiqomah), tidak terlupakan bahkan tidak kembali seperti sebelumnya di keadaan yang tidak baik?

5 Tips di bawah ini mengajak kalian untuk lebih bisa istiqomah dengan Hijrah :


Selalu mengingat Tuhan
Selalu mengingat bahwa kita mempunyai Tuhan sesuai agama atau keyakinan yang kita miliki. Ia ada di mana-mana dan dapat langsung melihat, mendengarkan, merasakan apa saja yang kita lakukan, baik atau tidaknya sesuatu yang kita lakukan. Jadi, dengan selalu mengingat Tuhan kita juga akan sadar dengan apa yang harusnya kita lakukan.


Perbanyak Ibadah
Selain ibadah wajib yang memang harus dilakukan, ibadah juga banyak bentuknya. Seperti membaca bacaan yang membuat kita lebih sadar untuk berbuat kebaikan, bersedekah, dan banyak lainnya.

Dengan ibadah sendiri kita menjadi lebih paham untuk apa sebenarnya kita melakukan kebaikan dan akan seperti apa nantinya jika kita menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.


Menerima pujian bahkan cacian
Sangat ringan memang menerima pujian pada saat kita baru Hijrah, tetapi sangat berat juga tanggungan cacian atau biasa disebut dengan omongan atau sindiran orang lain di telinga. Tetapi coba deh lebih dicerna baik-baik, dengarkan bahkan rasakan apa saja sindiran orang lain yang tidak baik terhadap kita.

Boleh tetap direspon tetapi dengan sesuatu yang baik ya jangan langsung melakukan sesuatu yang tidak baik yang mengakibatkan Hijrah kita menjadi percuma. Mungkin dapat dikatakan Terima dengan baik dan coba lebih instropeksi diri sendiri lagi apakah benar atau tidak apa yang mereka bilang.


Berteman dengan orang-orang baik
Bukan berarti menjauhi teman-teman yang dulunya melakukan yang tidak baik bersama-sama, ya. Berteman dengan siapa saja tetap menjadi sesuatu yang utama yang ada di dalam diri.

Tetapi mencari teman baru atau lingkungan pertemanan yang lebih baik lagi juga sangat diperlukan karena memang pada dasarnya seseorang akan kecanduan jika ada orang lain yang terus mengajaknya.


Tidak mudah iri dengan kebahagiaan orang lain
Lihatlah sekitar lalu bahagialah. Karena kebahagiaan sudah Tuhan atur di tiap-tiap makhluknya. Jadi jangan cepat iri, ya. Dan terus gali kebahagiaan kita sendiri. Yuk sama-sama semangat dan Keep Istiqomah :D

Karena sebaik-baik perbuatan baik adalah yang dilakukan secara terus menerus. Meski hanya sedikit kebaikan itu namun memiliki timbangan yang lebih berat daripada besar kebaikan namun hanya dilakukan sekali saja.

 

Illustrasi via sahabatnesia.com