Sebelum Memutuskan Menikah, Ketahui 3 Hal ini

Sebelum Memutuskan Menikah, Ketahui 3 Hal ini

Foto: unsplash.com/@jeremywongweddings

 

Menikah mungkin menjadi salah satu impian semua orang, kenapa aku bilang mungkin, kenyataanya tidak sedikit juga orang yang tidak menikah bahkan tidak mau menikah. Namun disini aku tidak akan membahas itu Gengs, tapi aku akan sedikit memberikan gambaran apa saja yang perlu kamu ketahui sebelum bener-bener memutuskan untuk menikah. 

 

Selain tentunya calonnya ya.hehe mau nikah giman kalau calonnya aja belum ada hahah..intermezo gengs..Yuk simak beberapa hal ini;

 

1. Kesiapan Financial

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

 

Kenapa financial? ya karena kebutuhan financial keluarga itu tidak sedikit loh gengs. dulu kamu hidup "sendiri" dan setelah nikah kamu hidup berdua dan kalau sudah punya anak sama anak-anak kalian. 

Banyaklah kebutuhannya makan sehari-hari, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Apalagi setelah punya momongan makin banyak lagi..etss saat hamil dan melahirkan juga sedikit biayanya.

Emang sih banyak yang bilang financial bisa dicari bareng-bareng ketika sudah berumah tanggal..iya ada betulnya..tapi kalau kita sudah punya simpanan kan setidaknya menjalani hidup tidak berat-berat amet.hehhe

Itu setelah melangsungkan pernikahan.lah pas melakukan pernikahan apa gak butuh duit? hehe kalau mau nikah yang penting sah sih di KUA sih gratis. Tapi kan biasanya Budaya di Indonesia nikah kalau belum ada acara-acara belum berasa nikahnya..ya kan?? dan itu butuh duit yang gak sedikit...

 

2. Kesiapan Mental

Photo by Jessica Rockowitz on Unsplash

 

Selain financial kesiapan mental juga penting loh Gengs..menikah itu asal kamu tahu ya hanya enak di awal saja..setelahnya bukan gak enak tapi banyak rintangan yang harus di jalanin bersama.

Dalam sebuah rumah tangga, kamu tidak hanya menghadapi kenyataan bahwa kamu akan tinggal bersama setiap hari, namun juga akan menghadapi kenyataan bahwa akan menghadapi semua masalah bersama, mulai dari masalah keuangan, keseharian, pekerjaan, hingga masa depan seperti anak nantinya. 

Makanya penting kita menyiapkan mental dan memantapkan hati "kalau aku udah bener-bener siap menikah". 

Bukan pas sudah menikah justru timbul penyesalan di dalam hati. Ada aja loh orang yang meyesal setelah menikah. Itu tidak terpatok pda pernikahan baru yang sudah punya anakpun bisa terjadi. Banyak faktor..makanya penting mempersiapkan itu semua.

 

Dulunya kamu kalau ada apa-apa sendiri, kalau sudah menikah apapun harus dikomunikasikan dengan pasanganmu. 

 

3. Habiskan Masa Sendirimu

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

 

Kenapa habiskan masa sendirimu?? Yappss menikah itu sebisa mungkin hanya sekali seumur hidup..dan menikah itu kamu memasuki kehidupan yang berbeda sama kehidupan mu sebelumnya..seperti yang sudah aku jelasin di atas.

Jangan sampai setelah menikah justru ada penyesalan yang ada..ini juga sangat berhubungan dengan kesiapan mentalmu menjalani bahtera rumah tangga.