Pesona Kampung Awan di Flores

Pesona Kampung Awan di Flores

Indonesia memang surganya keindahan alam, tidak terkecuali di Flores, Nusa Tengga Timur ada kampung yang menyuguhkan pesona keindahan awan loh gengs. Yaps, Namanya kampung Lembah Wajur Namanya.

 

Dari kampung ini kamu dapat melihat lautan awan yang sejajar dengan kampung, hemm gimna kebayang gak gengs? Lautan awan itu bagai mengepung seisi kampung, dan tak hanya itu, pemandangan semakin indah tatkala melihat pegunungan yang menjulang tinggi bagian utara Manggarai Barat.

 

Menurut wisatawan yang dikutip dari Kompas.com, ia sangat terkejut dan heran betapa indahnya Kampung Wajur dengan keunikan embun pagi (lautan awan). “Yang pertama kali saya lihat di wilayah utara dari Manggarai Barat. Saya baru pertama kali mengunjungi kampung ini," kata wisawatan asal Kota Waelengga, Lukas Sumba. 

 

Sampai sini sudah kebanyak kan gengs, bagaimana Indahnya kampung ini?

 

Lebih lanjut Ia mengatakan pemandangan lautan awan di Kampung Wajur terbilang langka. Lantaran beberapa desa di ketinggian yang ia sambangi tak punya pemandangan ini.

 

Selain melihat lautan awan di pagi hari, Kampung Wajur punya potensi wisata lain loh gengs, diantaranya air terjun dengan ketinggian ratusan meter bernama Air Terjun Sunsa Horong. Air terjun lain di Kampung Lembah Wajur adalah Air Terjun Waepahang. Belum lagi tradisi warga yang unik, yakni tradisi wonok. 

 

Tradisi wonok ini diwarisi oleh mendiang Nikolaus Dahu ketika warga setempat mengambil binatang melata di daerah aliran sungai dengan menggunakan tangan langsung. Sedangkan Bunde adalah menangkap binatang air tawar dengan kain.

 

Di sini kamu juga bisa melihat bagaimana penduduk Kampung Lembah Wajur bertani padi di bukit dengan sistem terasering. Hemm menakjubkan ya gengs. Itulah salah satu kekayaan negara kita, jadi kita patut bangga dengan kekayaan ini.

 

 

Sumber: komas.com