Pelajaran Berharga Dibalik Serunya Naik Kereta Api

Pelajaran Berharga Dibalik Serunya Naik Kereta Api

Photo by JK on Unsplash


Travelling itu paling seru jika rame-rame, iya kan gengs, bisa bersama keluarga tersayang, teman kerja  atau ditemenin teman-teman sekolah yang kece-kece pastinya, apalagi dilakukan di akhir pekan, wach, tambah seru tuch!


Biar tambah berkesan tak ada salahnya jika sesekali kita mencoba hal yang baru, misalkan saja menggunakan alat transportasi yang berbeda dari biasanya. Travelling naik sepeda motor, mobil, atau bus sudah biasa saja kali, tapi jika naik kereta api, waw, keren!


Banyak hal lho yang dapat kita pelajari dari naik kereta api gengs, apa saja itu? yuk kita pelajari bersama !

 

1. Belajar Menghargai Waktu 

Photo by rawpixel on Unsplash

Di sini kita dapat belajar betapa berharganya waktu itu, bagaimana tidak, jika sampai terlambat tiba sedetik saja di stasiun, sudah pasti kita ketinggalan kereta. Menangis pun percuma, toch keretanya juga gak akan berhenti. Jadi, hargailah waktu kita, isilah dengan hal-hal yang bermanfaat, jangan sampai kelak kita menyesal jika terbuang dengan sia-sia sebab waktu terus berputar dan tak akan pernah kembali.

 

2. Belajar Disiplin 

Photo by rawpixel on Unsplash

Sudah tahu kan, Gengs, jika sebelum naik kereta api itu beli tiket terlebih dahulu. Dalam tiket tersebut sudah ditentukan nomor duduk yang akan kita tempati. Kita gak boleh sesuka hati duduk di tempat yang kita sukai. Jika hal itu kita lakukan, jangan kaget jika tiba-tiba ada petugas menghampiri dan meminta kita untuk pindah ke tempat duduk yang lain.

Malu kan gengs jika sampai kejadian itu kita alami. Hal yang dapat kita pelajari dari kejadian itu adalah betapa perlunya disiplin dalam mematuhi aturan atau tata tertib di mana pun kita berada.

 

3. Belajar Bersyukur 

Photo by saifullah hafeel from Pexels

Bisa duduk santai menikmati perjalanan, melihat indahnya pemandangan di sebelah kanan dan kiri di sepanjang jalan, tanpa berfikir akan menemui suatu kemacetan, pasti membuat kita nyaman menggunakan transportasi kereta api. Jadi sudah sepatutnya kita merasa bersyukur telah diberi nikmat sehat yang luar biasa sehingga bisa menikmati semua hal  yang telah Tuhan berikan pada kita. 

 

4. Belajar Sabar

Photo by Conner Ching on Unsplash

Ketika akan ada kereta api yang melintas, kita bisa belajar betapa sabar itu penting. Jika kita nekat merobos kita tahu kan apa taruhannya? yaps, nyawa. Ngeri sekali bukan, jika hanya sekedar menuruti nafsu semata nyawa kita bisa melayang.

Sabar merupakan sesuatu yang mahal, terlebih jika kita sedang merasa emosi. Apalagi jika kita dalam kondisi terburu-buru, seakan-akan ingin menembus batas dan waktu, dalam pikiran yang ada hanya ingin cepat sampai tujuan. So, bersabarlah dalam menghadapi segala macam kondisi dan situasi.

 

5. Belajar Berkomunikasi 

Photo by Akson on Unsplash

Ketika kita masuk atau keluar dari gerbong kereta api, hal yang akan kita temui adalah sambutan hangat dari para petugasnya. Mereka dengan senang hati menawarkan bantuan kepada para penumpang.

Selain petugas kita juga akan bertemu dengan banyak orang yang mungkin dari latar belakang yang berbeda-beda. Di sini kita bisa belajar betapa pentingnya komunikasi. Jika kita mengalami kesulitan jangan sungkan bertanya pada orang lain. Jangan malu pula mulai mengobrol atau kenalan dengan penumpang yang lain. Siapa tahu dia itu jodoh yang kita tunggu-tunggu, hehe. 

Itulah sedikit pelajaran yang dapat kita ambil di balik serunya naik kereta api.
Semoga bermanfaat!