Peduli Pendidikan, HUMAN Universitas Bengkulu Lakukan Kegiatan Rutin HPP

Peduli Pendidikan, HUMAN Universitas Bengkulu Lakukan Kegiatan Rutin HPP

Reviens.id, Bengkulu - Dalam rangka aksi nyata terhadap dunia pendidikan di masyarakat, Himpunan Mahasiswa Manajemen (HUMAN) Universitas Bengkulu lakukan kegiatan rutin HUMAN Peduli Pendidikan (HPP) di Masjid Yaumul Mahsyar, RT 23, Air Sebakul, Bengkulu, (27/8/22).

 

Kegiatan yang rutin diadakam setiap bulan ini merupakan wujud kepedulian HUMAN terhadap pendidikan generasi muda. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak di daerah yang membutuhkan pendidikan lebih, dan memberikan pembekalan ilmu etika kepada anak-anak yang ada di daerah Air Sebakul, Bengkulu. 

 

 

Kegiatan Peduli Pendidikan ini dirancang dengan konsep yang seru dan bermanfaat dikarenakan agar anak-anak daerah Air Sebakul nantinya tidak merasa bosan, jadilah kegiatan ini dibungkus dengan belajar sambil bermain. Belajar sambil bermain disini maksudnya yaitu dengan memberikan anak-anak pertanyaan mengenai agama, etika, dan Pancasila, serta disela-sela dengan bermain untuk melatih kekompakan dan jiwa pemimpin generasi muda Indonesia ini. 

 

 

Aksi ini terbilang masih sangat kecil cakupannya dikarenakan hanya di satu desa dan anak-anak yang tergabung hanya dari lingkungan desa itu, tetapi jika masih banyak pemuda yang sadar atas gerakan peduli pendidikan ini maka akan bisa kita membuat perubahan besar bagi pendidikan Indonesia, karena hal yang besar tercipta dari sesuatu yang kecil. 

 

 

 

 

Menurut Dinda Gayatri selaku Sekretaris Bid. Pengabdian Masyarakat HUMAN 2022, HUMAN Peduli Pendidikan adalah wadah untuk kita belajar menjadi manusia sebelum memanusiakan manusia lain. 

 

"Dengan ikut mengajar sebenarnya kita tidak hanya metransfer ilmu ke anak-anak di Air Sebakul tapi juga banyak hal yang kita dapatkan dari mereka untuk bahan pembelajaran. Mulai dari belajar memahami sesuatu dari sudut pandang anak, mengajarkan anak dengan metode ‘ramah anak’, dan ikut merasakan rasa semangat belajar," ungkapnya

 

 

Dinda juga berharap agar HUMAN Peduli Pendidikan ke depannya bisa tetap menyebarkan rasa semangat belajar ke seluruh anak-anak karena hakikatnya kita juga adalah anak dan pernah di usia anak-anak.

 

"Kegiatan peduli pendidikan ini nantinya akan berkolaborasi dengan pihak lain agar nantinya HPP dapat lebih berwarna dan anak-anak bisa mendapatkan ilmu baru selain ilmu yang didapat di sekolah. Hal ini tentunya akan sangat berdampak untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter dan juga nantinya pihak panitia akan membuat pojok baca di Masjid Yaumul Mahsyar, Air Sebakul, Bengkulu, dimana buku itu akan didapat dari bantuan teman-teman semua yang sadar akan pentingnya peduli terhadap pendidikan," jelasnya.

 

 

 

 

 

 

Menurutnya, jika bukan kita siapa lagi yang bergerak, peduli pendidikan bisa dilaksanakan kapan saja, dimana saja, dan dalam hal ini HUMAN memilih untuk langsung turun ke lapangan dengan mengajar anak-anak, tetapi mungkin masih banyak kekurangan seperti terbatasnya bahan bacaan untuk anak-anak di desa itu.

 

"HUMAN telah berencana dan membuat progres untuk meningkatkan bahan bacaan tetapi dengan butuh bantuan dari kita semua, yaitu bisa dengan membantu sumbangan buku layak baca apapun kategorinya agar kita dapat menciptakan generasi yang berkarakter dan suka membaca, jika kalian ingin ikut berkontribusi terhadap Human Peduli Pendidikan bisa langsung saja menghubungi instagram @humanfebunib", pungkasnya