Nikmatnya Sholat, Yang Membuat Kecanduan Sholat

Nikmatnya Sholat, Yang Membuat Kecanduan Sholat

Pixabay/Aisylu Akhmadieva

 

Kita tahu bahwa dalam kehidupan dunia ini kita perlu untuk aktivitas beribadah. kecuali bagi mereka yang belum mendapatkan hidayah bagi kaum atheis yang tidak mengenal Tuhan.

 

Tapi tulisan ini tidak akan membahas kesana, lebih pada bagaimana kita ini dapat menikmati aktivitas ibadah. Islam mengajarkan semua penganutnya untuk sholat, dan itu wajib bagi umat muslim. Berikut adalah cara untuk dapat menikmati ibadah sholat secara pribadi yang dapat aku rangkum.

 

Sholat adalah wajib bagi setiap muslim, ada 2 jenis sholat yaitu wajib dan Sunnah. Wajib itu ditentukan oleh waktu dan hanya boleh dilakukan pada waktunya, misalnya sholat subuh ya dilaksanakan ketika waktu subuh. Sedang Sunnah dapat dilaksanakan lebih fleksibel dan diluar waktu 5 Sholat wajib itu.

 

Oh iya tambahan setelah waktu subuh dan ashar tidak diperbolehkan sholat Sunnah. Dalam ibadah ini aku menyadari bahwa untuk sampai pada level menikmati, sepertinya masih abu-abu. Tetapi minimal kita dapat merasakannya dan berusaha untuk dapat menikmati ibadah sholat.

 

1. Niatkan sholat untuk kebutuhan agar kita mendapatkan nikmat tulus dari sholat itu

Sholat adalah ibadah yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW secara langsung, tanpa melalui malaikat Jibril. Sholat akan terasa berat kalau kita merasa sebagai kewajiban, karena menjadi sebuah tanggung jawab.

Sedangkan menjadikan sebagai kebutuhan sebagaimana kita perlu makan untuk tetap hidup. Begitu juga dengan sholat, kita butuh sholat supaya tidak kehilangan arah, karena bagi umat Islam sholat adalah tiang dari agama. Nikmat ini akan terasa dengan sendirinya, dan bisa berbeda-beda bentuknya maupun rasanya.

 

2. Hadirkan atau menganggap bahwa saat sholat kita diawasi Allah, nikmat ini akan memberikan kesan bahwa kita ini mahkluk yang lemah

Menghadirkan Allah sebenarnya bukan hanya saat kita sholat saja, melainkan dalam setiap hal kita hidup. Maksudnya disini adalah saat kita sholat seakan-akan Allah yang menjadi juri, dan kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai dan pengakuan sholat kita oleh Allah.

Walaupun kita tidak tau bentuk pengakuan itu seperti apa, mungkin dengan mempunyai ketenangan dalam hidup adalah bentuknya. Sekali lagi nikmat itu tidak bisa digambarkan atau dituliskan, begitu nikmatnya.

 

3. Membaca bacaan doa dalam sholat dengan memaknainya, atau merasakan sepenuh hati, nilai ketulusan akan sangat nikmat dimoment ini

Sampai dengan saat ini aku pun masih belajar bagaimana untuk dapat melakukannya secara pasti, tetapi pada kenyataannya tidak bisa dipastikan. Hanya saja ketika kita berusaha untuk sungguh-sungguh dalam membaca doa maka secara tidak langsung akan merasakan nikmatnya berdoa.

Kita hanya perlu minta apa saja yang kita mau dalam artian positif, dan saat semua sudah terucapkan maka perasaan hati akan plong. Tetapi pada realnya nikmatnya akan berbeda-beda.

 

4. Rasakan semua anggota tubuh berpasrah saat sholat, sungguh nikmat yang sangat nikmat

Secara pribadi ini adalah pengalaman sendiri, nah saat kita bisa melakukan sholat dengan nikmat tubuh pun mengikutinya. Salah satu yang aku rasakan ialah saat semua anggota tubuh terasa berpasrah. Seperti kaki yang berdiri tidak terasa, pandangan mata hanya sebatas letak sujud dan sekitarnya sampai turun naiknya nafas bisa dirasakan.

Kadang pula detak jantung terasa lebih teratur dan saat sujud seakan-akan semua darah mengalir dari ujung kaki sampai dengan kepala. Pada level ini menurutku adalah moment dimana nikmat sholat yang paling luar biasa nikmatnya. Sholat ini aku rasakan saat waktu disepertiga malam, artinya sholat secara mandiri. 

 

4 macam itu yang bisa aku susun, kemungkinan besar jauh lebih banyak. Bagiku itu sudah sangat cukup untuk nikmat dari sholat yang aku peroleh. Mungkin teman-teman jauh lebih banyak aku yakin itu. Karena sampai dengan saat ini aku masih belajar sholat, jadi untuk mengetahui level sholat yang paling tinggi masih belum bisa.

Tetapi akan terus diupayakan mengingat sholat adalah kebutuhan dan kewajiban sebagai umat muslim. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapapun, dan menarik teman-teman semua untuk belajar sholat lebih menikmatinya lagi.