Mengenal Taman Wisata Batu Rammang Rammang Sulsel

Mengenal Taman Wisata Batu Rammang  Rammang Sulsel

Reviens.id, Maros - Kabupaten Maros terletak di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), wilayah ini mempunyai  sisi lain yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Wisata batu Rammang-Rammang.

Objek wisata tersebut berjarak kurang lebih 32 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

Daya tarik utama Taman Wisata Batu Rammang-Rammang terletak pada pemandangan indah yang berupa bukit-bukit kapur menjulang tinggi dan dikelilingi oleh sungai serta persawahan.


Untuk menikmati pemandangan, pengunjung dapat mencoba sensasi berperahu menyusuri sungai, sambil disuguhi pemandangan indah dan gugusan batu karst yang menjulang tinggi.

Sementara untuk harga sewa perahu, pengunjung dapat mengeluarkan dana sekitar Rp 250 ribu dengan kapasitas 6 sampai 8 orang.

“Pada tahun 2016, wisata ini mulai dikelola secara lokal kemiudian rammang-rammang itu diambil dari nama sekolah Rammang-rammang. Tak hanya itu saja kampung ini kalau pagi berkabut sehingga banyak pemandu mengenalkan bahwa lokasi ini bernama rammang-rammang,” ujar Ancha salah satu pemandu wisata dilansir dari RRI. 


Terdapat tiga dermaga di kawasan Taman Wisata Batu Rammang-Rammang antara lain, pertama berlokasi di jembatan sungai Pute, dermaga tersebut menawarkan keindahan sungai Pute.

Kedua, merupakan salah satu stop point dari dermaga sebelumnya, pengunjung dapat menyusuri sungai sambil melihat keindahan taman batu karst yang menjulang tinggi, goa berlian, bulu baraka dan pemandian bidadari.

Kemudian dermaga ketiga merupakan tujuan wisata akhir, yaitu Berua Village atau Kampung Berua. Kampung ini menawarkan bentangan sawah dan gunung karst yang hijau.