Mana Yang Didahulukan, Menabung, Deposito, Atau Investasi?

Mana Yang Didahulukan, Menabung, Deposito, Atau Investasi?

Photo by Chris Liverani on Unsplash

 

Hemat pangkal kaya. Pepatah sepanjang jaman yang sangat berkhasiat bagi kelangsungan masa depan anda. Memiliki gaya hidup yang glamor dan suka berfoya-foya bukan sesuatu yang aneh lagi bagi anda yang memang memiliki pendapatan lebih setiap bulannya. Namun, alangkah baiknya jika sebagian penghasilan anda disimpan untuk kebutuhan yang akan datang agar tidak kelimpungan ketika ada kebutuhan dadakan

 

Saat anda mulai membiasakan diri agar tidak hidup boros. Tentu uang yang anda simpan akan diamankan dengan pengamanan yang jelas. Anda harus memiliih, mau dikemanakan uang tersebut. Mana yang didahulukan, menabung, deposito atau investasi? Sebenarnya ketiga sikap anda untuk menyimpang uang tersebut sama-sama menguntungkan, namun harus ada yang perlu diutamakan yang menjadi proritas.

 

Mana yang didahulukan, menabung, deposito atau investasi?

Utamakan Menabung

Yang namanya kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari sudah bisa dipastikan tidak akan mengalami pengunduran atau surut. Pasti setiap tahun kebutuhan akan mengalami kenaikan yang drastis. Misal, kebutuhan utama anda seprti membeli sembakau dan kebutuhan pokok lainnya. Meskipun begitu sangat dianjurkan buat anda tetap menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menabung.

Jika tidak sekarang mendapat manfaat atau kelebihan dari menabung. Tenang saja, pasti kedepan banyak sekali manfaat yang anda ambil. Seperti ada keperluan mendadak sedangkan posisi belum gajian. Anda bisa mengambil sebagian uang tabungan anda. Untuk menabung sendiri caranya sangat mudah, bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan tempat atau di tabung di bank yang sewaktu-waktu bisa diambil.

 

Prioritaskan Deposito

Saat anda ditanya, mana yang didahulukan, menabung, deposito atau investasi?. Silakan anda menjawab prioritaskan Deposito. Bagi anda yang sebagai ibu rumah tangga, menjalani rangkaian kegiatan positif dengan menyimpan uang sebagai deposito menjadi solusi yang tepat ketika anda susah saat menabung sendiri. Karena dalam produk jasa yang ditawarkan oleh bank ini memiliki jangka waktu dan tidak bisa sesuka anda mengambilnya.

Selain itu, hal yang menjadi pertimbangan anda pasti mengenai bunga atau sesuatu yang menjadi keuntungan saat melakukan deposito. Nah, ketika uang yang anda depositkan tidak diambil dalam jangka waktu yang dekat keuntungan lainnya tentu bunga yang diperoleh lebih banyak. Namun, saat pengambilan uang deposito belum pada jangka waktunya, dengan sangat berat anda akan terkena potongan atau denda.

 

Nomor satukan investasi

Investasi bisa diartikan sebagai penanaman modal. Jangan heran, saat anda mendengar pertanyaan mana yang didahulukan, menabung, deposito atau investasi? Dan jawabannya lebih banyak yang ingin mendahulukan investasi. Karena pada dasarnya investasi memang memiliki keuntungan yang lebih besar daripada menabung ataupun deposito.

Sebelum anda melakukan investasi, alangkah baiknya anda mencari tahu dengan jelas tempat investasi itu benar dan sudah dilindungi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga uang yang anda investasikan tidak akan mengalami penipuan seperti yang banyak terjadi akhir-akhir ini. karena banyak sekali oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan aksi kriminalnya dengan memndirikan investasi bodong.

Dari ketiga tempat menyimpan uang tersebut, jelas memliliki positif dan negatifnya masing-masing. Seperti menabung yang lebih memudahkan dalam pengambilan karena tidak terikat dengan pihak lain. Negatifnya akan lebih mudah uangnya terpakai kembali. Begitu juga deposito, mendapat keuntungan dari uang yang disimpannya tetapi tidak bisa diambil seenaknya.

Sedangkan investasi, jumlah uang yang disimpan pun cenderung lebih banyak. Namun ketika mengalami kegagalan akan mendapat kerugian yang besar pula. Pengambilan uang investasi sama seperti deposito yang tidak bisa diambil dadakan. Jadi, mana yang didahulukan, menabung, deposito atau investasi? Ketiga-tiganya memiliki tujuan yang sama tinggal bagaimana anda memilihnya.