Jalur Ketapang-Kendawangan Surganya Pantai Eksotis

Jalur Ketapang-Kendawangan Surganya Pantai Eksotis

Reviens.id, Ketapang - Kabupaten Ketapang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini juga terletak di kecamatan Delta Pawan. Ketapang memiliki berbagai keindahan alam, termasuk pantai dan hutan yang menarik untuk dikunjungi.

Menurut obsevarsi penulis Kabupaten Ketapang memiliki dua jalur utama untuk menuju kota-kota besar yaitu jalur ketapang-sukadana untuk kearah Kota Pontianak dan jalur ketapang-kendawangan untuk ke provinsi Kalimantan Tengah.

Nah, untuk jalur ketapang-kendawangan kita akan disungguhi pemandangan garis pantai yang sangat mempesona. Berikut pantai-pantai yang dapat kawan-kawan reviens nikmati sepanjang jalur ketapang-kendawangan.

  1. Pantai Sungai Jawi

Yang pertama kita lewati dari jalur ini adalah Pantai Sungai Jawi. Terletak di Desa Sungai Jawi, Kec. Matan Hilir Sel., Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Jarak dari Kota Ketapang tidak jauh mungkin sekitar 11 km atau setengah jam sampai lokasi pantai ini. Padang rumput yang luas bisa menambah keindahan pantai ini.

  1. Pantai Tanjung Batu

Mungkin pantai ini sedikit terlihat creepy karena lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga dan berada ditengah-tengah kawasan padang 12. Saat masuk lokasi wisata inipun penulis juga sempat melihat kawanan kera hitam ekor panjang semacam kera mirip lutung. Sesuai dengan namanya Tanjung batu demografinya juga banyak bebatuan mirip tebing batu tapi landai. Wisatawan bisa berkemah di bibir pantai sambil menikmati sunset yang indah.

  1. Pantai Pagar Mentimun

Berlokasi di  Desa Pagar Mentimun, Kec. Matan Hilir Selatan, Lokasi pantai ini sangat dekat dengan jalur jalan raya dan salah satu pantai yang mudah diakses. Sambil ngopi di warkop pinggir jalan kita juga menikmati sore dan sunset.

  1. Pantai Pasir Sisik

Lokasi Pantai ini berada di Kendawangan Kiri, Kec. Kendawangan. Demografi pantai ini banyak terdapat batu yang bertebaran mirip sisik ikan.

  1. Pantai Pasir Putih

Berlokasi di Sungai Gantang, pantai pasir putih sangat terkenal dengan kemewahan pasirnya yang memang berwarna putih. Hamparan pasir putih yang sangat luas, pantai ini sering dikunjungi oleh para wisatawan baik pendudukan lokal maupun wisatawan luar daerah ketapang.