Jadi Reporter Televisi Harus Siap Beberapa Hal ini

Jadi Reporter Televisi Harus Siap Beberapa Hal ini

Menjadi seorang reporter bukan sekedar melakukan peliputan berita di lapangan dan melaporkannya ke khalayak umum, namun juga harus paham kode etik jurnatistik itu sendiri. Tidak hanya itu, menjadi seorang reporter juga dibutuhkan komitmen dan passion untuk menyalurkan berita ke publik.

Tentunya dalam mencari dan menyalurkan sebuah berita ada suka dukanya. Seperti apa ya suka duka menjadi seorang reporter itu. Ini dia suka duka yang diutarakan oleh reporter medcom.id, Samirah Begum pada Reviensmedia:

 

Sukanya Menjadi Reporter:

 

1. Bisa Ketemu Orang-orang Penting

Nah gengs menjadi seoarang repoter memang kerjaan yang tidak mudah, namun kamu dapat bertemu atau bahkan bisa kenal dengan orang-orang penting.

 

2. Dapet Full Access Ke Tempat Privat/Lokasi Tertentu Untuk Syuting

Reporter atau wartawan akan mendapatkan akses tempat privat untuk menjadi lokasi syuting, hal ini belum tentu bisa didapat oleh jenis pekerjaan lainya.

 

3. Bisa Nanya Hal-Hal Yang Jadi Pertanyaan Masyarakat Dan Langsung Dapet Jawaban Dari Ahlinya/Orangnya

Hal yang tidak dapat dilakukan jenis pekerjaan lain yaitu dapat mengorek jawaban pertanyaan dari masyarakat kepada para ahli atau orang yang kompeten dibidangnya, namun reporter bisa. Nah menjadi reporter atau wartawan akan lebih dulu mendapatkan berbagai macam informasi baik yang sedang tranding atau isu-isu lainya loh, gengs.

 

4. Kadang Bisa Traveling Gratis Juga

Nah ini mungkin idaman semua orang yaitu traveling gratis. Gengs jangan salah menjadi reporter yang mendaptkan penugasan meliput tempat-tempat wisata memang sangat menyenangkan. Namun tetep ya guys, ini kerja bukan liburan.

 

Duka Menjadi Reporter:


1. Mesti Siap Kalau Narsumnya Telat Atau Ada Kondisi Di Lapangan Yang Tidak Sesuai Rencana

Nah gengs hal ini yang akan mengetes kesabaranmu dalam menunggu. Tidak jarang seoarang repoter yang sudah melakukan janji dengan narsum, nemun narusm telat. Dan tidak jarang juga telatnya tidak sebentar, bisa berjam-jam. Itu masih mending guys, sering juga sudah menunggu lama, tiba-tiba narsumnya membatalkan. Nah itulah kondisi lapangan yang kadang tidak sesuai dengan rencana.

 

2. Mesti Siap Panas-panasan Atau Kedinginan

Reporter tidak hanya mendapatkan penugasan yang enak-enak seperti liputan wisata gengs, namun harus siap ditugaskan ke lokasi yang panas, becek, banjir, ataupun dingin.

 

3. Mesti Siap Menghadapi Mood Dari Narsum Yang Beragam

Nah guys, sebagai reporter harus siap dengan mood narasumber yang beragam dan tentunya dibutuhkan sikap yang dapat menjaga mood si narsumber agar informsasi yang diinginkan dapat terpenuhi dengan baik.
 

 

4. Mesti Tampil Prima Di Depan Kamera Walau Udah Lepek

Reporter memang harus tampil prima walaupun sudah meliput seharian dan nampak lecek, terutama reporter televisi. Hal itu dikarenakan reporter harus tampil di layar kaca, sehingga penting berpenampilan prima dan menarik.


Nah itu Gengs suka duka menjadi seoarang reporter yang dibagikan oleh Samirah Begum. Masih mau jadi repoter kamu Gengs?

 

Foto dok: Samirah Begum