Gong Silegi Culture Festival 2022; Tanamkan Karakter Wirausaha dan Inovasi pada Generasi Muda

Gong Silegi Culture Festival 2022; Tanamkan Karakter Wirausaha dan Inovasi pada Generasi Muda

Reviens.id, Purworejo - Guna menanamkan karakter wirausaha dan inovasi pada generasi muda desa Kemiri, Kecamatan Gebang, pemerintah desa mengadakan Festival Budaya Gong Silegi atau Gong Silegi Culture Festival 2022 pada tanggal 14-18 September 2022 lalu. Festival diselenggarakan di kawasan wisata Gong Silegi, Desa Kemiri, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.

 

Kegiatan dilakukan guna menanggapi adanya proyek pembangunan bendungan di Desa Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.

 

Berlangsung selama lima hari, festival dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari kirab budaya, pengajian, lomba mewarnai, musik akustik, pagelaran wayang serta hiburan kesenian lainnya.

 

Melalui festival ini, Ketua panitia, Yazid Mubasir berharap kegiatan ini dapat membangun karakter generasi muda dalam berinovasi dan berwirausaha. 

 

"Kegiatan ini adalah sebuah media, media membangun masyarakat, karakternya menginovasi produk UMKM, menginovasi produk – produk kulinernya, atau mungkin kerajinan yang nanti akan dikelola, dipamerkan sehingga nanti dia termotivasi untuk mengembangkan itu. Itu yang pertama, menumbuhkan motivasi itu" jelas Yazid. 

 

Selain itu, Yazid menambahkan, festival ini juga menjadi kegiatan dalam membangun budaya di masyarakat dan menumbuhkan cara berfikir kritis dan kreatif. 

 

"Di sini kan ada anak-anak SD, SMP, SMA, harus dibangun budaya bahwa di desa ini ada seperti ini. Membangun karakter mereka supaya mereka bisa berpikir kritis, bisa kreatif mengembangkan ini. Sehingga ketika karakter ini bisa dibangun, tumbuh, jiwa kewirausahaan, jiwa ekonominya tumbuh, harapannya mengembangkan ini lebih jauh." tambah Yazid.

 

Dalam pelaksanaannya, festival ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa dengan pembiayaan dari APBDes. Pengunjung dapat menikmati dan menyaksikan berbagai kegiatan secara gratis.  Saat ini, kawasan wisata Gong Silegi sering dimanfaatkan sebagai area berkemah. Areanya yang cukup luas dan memiliki lahan parkir, juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi pertunjukan kesenian. 

 

Dalam jangka panjang, pengembangan kawasan wisata Gong Silegi ini rencananya akan menjadi salah satu lokasi dalam paket wisata di desa Kemiri, seiring dengan selesainya pembangunan bendungan dan pengembangan agrowisata tanaman kelengkeng. Festival ini juga akan rutin dilakukan dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan pihak lainnya. 

 

"Insyaallah event ini nanti kami didukung oleh berbagai pihak baik pendamping desa, atasnya nanti kecamatan, atasnya lagi Dinas Pariwisata dan Bupati yang membuat anggaran itu, InsyaAllah event ini semakin ke depan akan kita buat sebaik mungkin, sembari wisata yang kita bangun tumbuh berkembang." ujar Yazid.