Gelar Karya Dan Market Day SMPN 6 Purworejo

Gelar Karya Dan Market Day SMPN 6 Purworejo

Reviens.id, Purworejo - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka merupakan sistem pembelajaran yang  bertujuan untuk mengamati dan mengatasi problema di sekitar 5 aspek utama yaitu, potensi, pemberdayaan, peningkatan, pemahaman diri dan peran sosial.

SMP N 6 Purworejo melakukan Gelar Karya P5 dengan berkolaborasi dengan orang tua anak didik bertepatan dengan saat penerimaan Rapot, Kamis  (20/6) di halaman seputar sekolah.
 

“Pesta Demokrasi dalam ekskalasi kecil digelar oleh siswa kelas VII, belajar memilih Ketua Osis seperti layaknya pemilu.” kata Kepala Sekolah SMP N 6 Purworejo, Wahyu Kurnia Lestari Kelas kepada Reviens.id.

Sementara kelas VIII  menggelar aneka tarian sebagai representasi seni budaya yang ada di Indonesia. Jiwa Entreupene ditampilkan dengan berbagai kerajinan dari bahan pohon Bambu yang dibuat sedemikian artistik dan marketable. 

Kontribusi dan peran orang tua anak didik penting dalam gelar karya P5, agar misi dan visi sekolah bisa bareng tercapai dengan dukungan mereka. 
Setidaknya karakter anak didik sedikit banyak akan di mulai dari acara ini. 
 

“Orang tua mengontrol, membimbing secara obyektif dan jujur saat anak didik mendapat suatu tugas yang harus dikerjakan di rumah!” tambah Wahyu serius. 

Anak didik akan berusaha menampilkan karya terbaik dan optimal manakala apresiasi dan dukungan orang tua dimunculkan dan menjadi bagian penting secara psikologis buat mereka.

Termasuk saat Market Day orang tua diharap menyisihkan sedikit uang untuk membeli karya mereka sebagai sebuah apresiasi nyata karena memang secara seni dan manfat alat yang dibeli di situ punya fungsi, seperti kipas, sandal, dan tas cangklong.

“Seneng bisa berlatih jualan dan dapat uang dari karya sendiri meski tak banyak tapi ada rasa puas yang tak terceritakan!” kata salah satu siswi saat Market Day.
Selain didorong untuk belajar wirausaha, mereka juga dilatih mandiri dan jujur dalam gelaran itu. 

Kurikulum Merdeka mengandung banyaunsur positif seperti kreatifitas, kemandirian, dan jiwa sossial yang bisa ditanamkan ortu untuk membentuk integritas dan karakter yang kuat.
 

Pihak sekolah juga mensosialisasikan agenda program sekolah tahun ajaran 2024/2025, sehingga di awal tahun pelajaran tahun itu sudah siap on the track.  (agam).