Cafe Mai Ningath Mori, Oase Bagi Pecinta Manual Brew di Kecamatan Simpang Hulu

Cafe Mai Ningath Mori, Oase Bagi Pecinta Manual Brew di Kecamatan Simpang Hulu

Reviens.id, Ketapang - Simpang Hulu atau biasa masyarakat Ketapang menyebutnya sebagai Balai Berkuak adalah sebuah Kecamatan diperbatasan Ketapang dan Sanggau. 

 

Nah, Balai Berkuak sendiri sebenarnya adalah nama sebuah Dusun di Desa Balai Pinang yang dijadikan Ibu Kota Kecamatan Simpang Hulu.

 

Balai Berkuak memiliki lokasi yang dapat dibilang sangat strategis karena berada di jalan poros transkalimantan. Penduduk di wilayah ini didominasi oleh suku Dayak dan Melayu serta beberapa Suku Tionghoa dan Suku Jawa.

 

Saat singgah di salah satu hotel di wilayah ini, Tim reviens dibuat kagum dengan adanya kedai kopi yang menyajikan konsep kedai gelombang ketiga (third wave). 

 

Alat-alat manual brew berjajar rapi dimeja bar seperti server kopi, dripper v60, mokapot, frenchpress dan untuk penggilingannya ada grinder tipe n600.

 

Nampaknya konsep hospitality juga diterapkan pada kedai yang baru berdiri pada bulan Desember tahun 2022, cocok dengan suasana nyaman dan tenang dengan desain meja dan kursi kayu dan ornamen interior yang menurut kami cukup memukau, mengingat kedai ini jauh dari Kota besar seperti Ketapang ataupun Pontianak.

 

 

 

Kami juga memaklumi karena saat kami pesan manual brew, biji kopi yang disediakan hanya ada dua origin yaitu arabica Gayo dan Arabika kintamani. Namun ada beberapa menu yang kalian bisa coba seperti kopi saring susu, kopi susu gula aren atau ada juga kopi susu ala Vietnam.

 

Selain perkopian, kedai ini juga menyediakan makanan ringan dan makanan berat yang cukup bervariasi seperti ayam goreng, sosis goreng, salad buah dan lainnya. Dan untuk signature base nya ada Nasi Mai Ningath Mori dan Es Kopi Mai Ningath Mori.

 

Lalu apa sebenarnya arti dari Mai Ningath Mori? Nama kedai tersebut berasal dari bahasa Dayak yang berarti "Tak Mau Pulang".

 

 

Memang benar, kedai ini memberikan kenyamanan bercengkrama dengan posisi meja kursi yang pas untuk bercerita. So gaes, kalau klaina sempat singgah di Kecamatan Simpang Hulu, jangan lupa singgah di Cafe Mai Ningath Mori. Kedai buka dari jam 07.00 sampai dengan 22.00 wib.