Anniversary Ke 5 CPP OJOl Di Ragunan, Produk UMKM Lokal Purworejo Ludes Terjual

Anniversary Ke 5 CPP OJOl Di Ragunan, Produk UMKM Lokal Purworejo Ludes Terjual

Reviens.id, Bekasi - Setelah pemerintah Indonesia melonggarkan masa karantina covid-19, masyarakat mulai berangsur-angsur menjalani aktivitas normalnya kembali. Rasa kerinduan untuk bertatap mata secara langsung dengan teman, saudara dan handai taulan seperti tidak dapat dibendung lagi.

 

Selain kerinduan itu, perekonomian secara mandiri pun harus mulai dibangun, pandemi boleh mengakuisisi semua hal. Tetapi semangat untuk bangkit dari keterpurukan semakin besar, karena kehidupan harus tetap berjalan, dan itu membutuhkan ketahanan daya survive yang exstra.

 

Baru-baru ini, sebuah organisasi atau komunitas yang menamakan dirinya sebagai CPP OJOL (Cah Purworejo Perantauan) ojek online mengadakan event untuk memamerkan produk UMKM lokal, yaitu produk dari Purworejo di bumi perkemahan Ragunan. Sebenarnya acara ini adalah anniversary dari komunitas CPP OJOL ini.

 

Karena memang sudah ada komitmen yang dibangun sebelumnya oleh beberapa pihak terkait, maka dari itu memamerkan produk UMKM lokal Purworejo menjadi bagian penting dari event tersebut.

 

"Sebenarnya ini adalah acara ulang tahun yang ke 5 dari CPP OJOL, dan terkendala oleh pandemi sebelumnya. Karena memang ada rasa cinta tanah kelahiran, mengobati kangen di perantauan, dan hanya ini yang bisa kami lakukan untuk mendukung UMKM lokal. Harapannya tidak banyak, semoga hal kecil yang kami lakukan ini akan berdampak besar, dan menggugah driver ojol dari Purworejo untuk dapat mensosialisasikan. Satu lagi, tujuannya masyarakat di wilayah Jabodetabek dapat mengenal lebih tentang Purworejo lewat UMKMnya", ungkap Mbah Kelik, sebagai ketua umum CPP OJOL.

 

Menurut Andy Setiawan mengungkapkan terimakasih kepada semua panitia yang membuat event ini dan para anggota CPP OJOL serta segenap masyarakat yang mendukung acara ini.

 

"Terus terang ini menjadi fenomena yang luar biasa, produk UMKM yang saya bawa itu laku semua, tidak ada yang tersisa, habis semua habis. Mungkin ini efek positif dari lapangan banteng kemarin, ketika kopi Purworejo mengikuti event premium coffe expo & forum 2022 di Jakarta. Kegiatan seperti ini bagi saya efektif, karena pembeli atau masyarakat dapat melihat langsung produknya", ujarnya.

 

Sekedar informasi, acara yang digagas oleh CPP OJOL ini ternyata telah saling terhubung antara Pemerintah Kabupaten Purworejo, komunitas CPP OJOL dan penyedia transportasi PO. Sumber Alam.

 

Keterkaitan mereka ini karena mempunyai satu tujuan yaitu untuk mendukung UMKM Purworejo lebih dikenal masyarakat secara luas dan memperlancar jalur pendistribusiannya. Komunitas CPP OJOL sendiri bisa dibilang cukup menguasai area Jabodetabek, karena mempunyai sub korwil yang meliputi Jakarta pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta barat, wilayah kabupaten Bekasi dan seterusnya.

 

Sedang PO. Sumber Alam membuka gerai untuk memasarkan dan memamerkan produk UMKM Purworejo base camp CPP OJOL SAC di Pondok Ungu.

 

Melihat antusiasme yang timbul secara organik ini, produk lokal mempunyai kans besar dalam mengikuti perekonomian nasional, bahkan tidak menutup kemungkinan akan membuka jalan untuk dapat menjualnya ke tingkat internasional.

 

 

"Saya punya harapan besar bahwa produk Purworejo bisa bersaing secara nasional, mungkin saat ini memang sangat familiar dengan produknya lewat online, tetapi menurut saya event seperti yang digagas oleh CPP OJOL ini betul-betul berdampak positif. Semoga tahun depan atau dalam waktu dekat akan ada event lainya yang disana dapat memamerkan produk UMKM Purworejo yang lebih komplit. Seperti yang saya bawa, kopi Purworejo, lanting, keripik macem-macem tadi dan habis semua", tambah Andy Setiawan

 

Bagi masyarakat Purworejo yang ada di perantauan terimakasih atas rasa cinta dan kepeduliannya terhadap kota kecil di sebelah barat Jogjakarta ini. Tanpa hal positif itu kota yang dikenal sebagai pencentak tokoh-tokoh penting nasional ini semakin hari akan semakin terjepit oleh kreatifitas kota-kota sebelahnya, yang saat ini lebih cepat berkembang.

 

Dengan adanya representasi dari rasa kecintaan itu, Purworejo mempunyai harapan untuk dapat bersaing dengan daerah lainnya dalam membangun kesejahteraan bagi masyarakatnya secara luas.