5 Hal yang Perlu Diketahui saat Nelayan Kertojayan Gelar Sedekah Laut

5 Hal yang Perlu Diketahui saat Nelayan Kertojayan Gelar Sedekah Laut

Reviens.id, Purworejo - Nelayan di pesisir Pantai Genjik Desa Kertojayan Kecamatan Grabag, menggelar ritual sedekah laut dengan melarung sesaji ke tengah laut, Minggu (28/08/2022). 

 

1. Simbol Rasa Syukur

 

Dalam sambutannya Wabup Yuli Hastuti menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sedekah laut, karena sedekah laut atau sedekah bumi merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan YME atas segala karunia yang berupa rezeki, keselamatan, keselarasan dan ketentraman.

 

2. Sebagai Magnet Wisata Budaya

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sebuah wadah dimana para penduduk dapat membina tali silaturahmi, saling menghormati, serta saling tepa selira, sehinggamasyarakat Purworejo akan semakin damai dan kondusif dalam melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu magnet obyek wisata budaya sekaligus wisata alam di Kabupaten Purworejo," jelasnya.

 

3. Nelayan Melarung Ancak Sesaji

Sementara Marsono selaku ketua panitia menambahkan, sedekah laut dilakukan pada bulan Suro ini juga diikuti oleh beberapa nelayan yang berasal dari Desa Awu-Awu dan Desa Rowo Kecamatan Kebumen. Perahu nelayan beriringan membawa ubo rampe yang telah dipersiapkan untuk dilarung ke pantai selatan.

 

 “Para nelayan melarung ancak sesaji berisikan satu ekor kambing kendit, ingkung bebek dan ayam jago, hasil bumi berupa polo pendem dan polo gantung, serta bunga tujuh rupa," imbuhnya.

 

4. Diawali Doa Bersama 

 

Dikatakan, sebelum dibawa ke tengah laut dengan menggunakan perahu, ritual sedekah laut diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa. Selain sebagai wujud syukur ritual tersebut juga bertujuan untuk memohon kepada Tuhan YME agar hasil panen ikan meningkat serta para nelayan diberikan keselamatan dan keberkahan.

 

 

5. Banyak Harapan dengan Diadakan Sedekah Laut

Disisi lain Kades Kertojayan Tri Rapi Pangestuti berharap dengan diadakannya sedekah laut, para nelayan diberikan keselamatan lahir dan batin, guyup rukun, gemah ripah, loh jinawi, titi tentrem kerta raharja serta dijauhkan dari pagebluk.