3 Wisata Pantai di sekitar Pusat Kota Kabupaten Ketapang

3 Wisata Pantai di sekitar Pusat Kota Kabupaten Ketapang

Kalian pada tahu nggak Ketapang itu daerah mana? Pertanyaan ini sering muncul pada saat saya menyebutkan tempat domisili. Acapkali Ketapang sering dimaksud daerah Kabupaten Banyuwangi atau Gili Ketapang.

Padahal kabupaten Ketapang yang berada di provinsi Kalimantan Barat luas wilayahnya hampir setara dengan luas provinsi Jawa Barat. Bagaimana dari sini sudah tahu ya kabupaten Ketapang itu terletak dimana.

Kabupaten Ketapang juga sering disebut juga dengan kota Ale Ale, tahu nggak Ale Ale itu apa? Ale Ale adalah sejenis kerang laut kecil dengan cangkang yang tidak beruas dan biasanya berwarna kecoklatan dengan daging berwarna putih.

Kabupaten Ketapang juga terkenal dengan wisata pantainya Lho, nah kali ini saya akan menunjukkan 4 wisata pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, sebagai berikut:

 

1. Pantai kinjil
Pantai kinjil ini tidak jauh dari pusat kota ketapang, berjarak kurang lebih 5 kilometer dan orang sering menyebutnya pantai pecal, lantaran banyak sekali pedagang yang menjual pecal di tempat ini.

 

2. Pantai air mati
Pantai ini bukan air nya yang mati ya guys, bukan juga seperti keadaan pada laut mati yang kandungan garamnya sangat powerfull. Pantai air mati merupakan sebuah singkatan dari air mata permai. 

Pantai ini juga tidak jauh dari pusat kota ketapang yang kurang lebih berjarak 9,6 kilometer

 

3. Pantai Tanjung belandang


 

Pantai ini sering dijadikan tempat camping dan memasang Hammock untuk bersantai, nah kalau ditempat ini kalian juga bisa menikmati makanan khas Ketapang yaitu Ale Ale rebus.

Pantai ini berjarak 12 kilometer dari pusat kota ketapang.

Nah, gimana guys? Itulah 3 wisata pantai yang dekat banget dengan pusat kota Kabupaten Ketapang. Ohh iya, pantai-pantai ini juga menyuguhkan sunset yang very beautiful. 

So, jika kalian sempat singgah Ketapang, yom mampir...

 

Penulis: Budi Cesar